Rabu, 06 Juni 2012

INSPIRING PERSON MUSLICH MAHMUD, drg,. Sp.Prost


Dosen yang beruntung menjadi yang menjadi insipiring person edisi ini  adalah  Muslich Mahmud drg, Sp. Prost, beliau adalah pribadi yang sudah kita kenal dengan keramahannya apalagi beliau adalah seorang ketua prodi gigi di FK Unjani. Beliau lahir di Garut, 30 April 1943, semasa hidupnya beliau aktif sekali dalam berorganisasi diantaranya sebagai anggota PDGI, ketua IKA FKG UNPAD, Ketua PDGI Cabang Bandung, Ketua KORWIL PDGI Jawa Barat, Anggota Kolegium Prostodonsia Indonesia, dan masih banyak lagi. Beliau yang memiliki hobi mendaki gunung ini pernah menjadi anggota Wanadri-Singawalang dan anggota Resimen Mahasiswa Batalyon UNPAD merupakan lulus sarjana kedokteran gigi UNPAD tahun 1969, dan mengambil spesialis prostodonsia di UNPAD juga dan lulus tahun 1988 setelah itu beliau pernah bersekolah di Werkstofkunde Abteilung Jerman barat 1973-1975. Saat ditanya mengapa beliau memilih jurusan kedokteran gigi sebagai pendidikan sarjananya, beliaupun menjawab itu karena beliau tidak diterima di fakultas yang diinginkan, tetapi beliau diterima di FKG UNPAD.
Beliau juga menjelaskan perjalanan dalam mejadi ketua prodi KG UNJANI, yaitu setelah beliau pensiun dari PNS pada April 2008, beliau diajak oleh Prof Rahman untuk membuka Prodi KG Fakultas Kedokteran di Unjani, kemudian sejak September 2008 dengan anggota 5 orang menyusun Proposal pendirian prodi KG. Beliau sendiri tidak tahu mengapa beliau dipilih sebagai ketua prodi, akan tetapi menurut beliau mungkin karena pada waktu rapat pembuatan proposal beliau sering menjawab berbagai pertanyaan mengenai proposal usulan maupun diskusi tentang pendidikan Kedokteran Gigi di Indonesia dan  masa depan profesi kedokteran gigi begitu ujar beliau. Dibalik orang besar pasti ada yang membuatnya untuk menjadi orang besar, hal ini jugalah yang dirasakan drg. Muslich M, Sp. Prost selama ini yang menjadi inspirasi beliau adalah Prof. Soeria Soemantri, Prof. Soelarko Soemohtmoko, Prof. Moestopo sebagai para pendiri kedokteran gigi dan organisasi Profesi KG. Beliaupun selalu ingat dengan kata” presiden pertama Indonesia yaitu, jangan melupakan sejarah (Jasmerah) apa yang dinikmati sekarang bukan jatuh begitu saja dari langit, sebagai mahasiswa tentu saja mempunyai kewajiban moral dan apresiasi  karena masih banyak  kendala dan tantangan  terutama dalam proses pendidikan kedokteran gigi khususnya di  Unjani maupun di Indonesia.
Sebelum mengakhiri wawancara ini ada beberapa pesan dari dokter  ramah ini, yaitu kita sebagai mahasiswa jangan mudah menyerah pada kondisi pembelajaran sekarang, karena kesempatan yang sekarang belum tentu datang kembali, kita juga sebagai mahasiswa harus manfaatkan sebaik-baiknya kesempatan belajar sekarang  dengan penuh tanggung jawab, sebagai pertanggungjawaban pada orang tua, perkembangan ilmu dan teknologi begitu cepat memerlukan  pemahaman ilmu dasar yang lebih baik, dan pesan yang terakhir dari beliau untuk kita adalah setiap pemecahan masalah didasari oleh argumen ilmu dasar yang mendasarinya dalam pemecahan masalah, manfaatkan sumber informasi secara maksimal  terutama dalam proses pembelajaran maupun kemampuan soft skill, dalam menunjang kemampuan sebagai profesional. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar